Jam menunjukan pukul 2:41 pagi. Di luar terdengar suara kodok bersahut-sahutan, ayam mulai berkokok. Aku keluar sejenak untuk menghirup udara pagi yang segar setelah semalaman nongkrong di depan laptop di dalam ruangan.

Dini hari ini lebih hidup, setelah kesunyian dan kehampaan menemani di tengah malam.

Begadang memang tidak baik untuk kesehatan, tapi inilah yang aku rindukan dari begadang. Sebuah ketenangan yang tidak bisa aku dapatkan di siang hari. Alasan lainnya adalah karena akses Internet pada waktu dini hari lebih kencang daripada di siang hari. Jadi untuk hal mendownload file-file yang besar dini hari adalah waktu yang tepat. Kebetulan aku masih menggunakan Internet dari smartphoneku yang kemudian aku hotspot-kan agar aku bisa internetan di laptopku melalui wi-fi.

Di langit bulan terlihat di selimuti awan. Langit di dini hari kali ini tiada berbintang. Aku mulai merasakan kantuk dan agak pusing. Memang inilah efek samping dari begadang.

Aku mengambil sarung dan pergi ke kamarku. Biasanya aku tidur berselimut sarung. Waktu menunjukan pukul 3:05 pagi, aku pikir sekarang saatnya untuk tidur sebentar dan bangun untuk shalat subuh jam 5 pagi lalu kemudian tidur lagi sampai siang.