Search This Blog

Cara Instal File .RPM Di Ubuntu

  • Tuesday, June 26, 2018 at 12:46:00 PM
  • 3 Comments
  • Views
Kali ini aku mau nginstal Atom di Ubuntu tapi setelah di download ternyata arsitekturnya ngga mendukung. Atom yang aku download berarsitektur AMD64 sementara OS Ubuntu ku masih i386. Terpaksa aku mendownload lagi Atom yang berarsitektur x86_64 dan berformat .RPM.
Setelah nyari-nyari di Google aku dapet tutorialnya cara instal .RPM di Ubuntu. Cara menginstal file yang berformat .RPM nya menggunakan aplikasi yang bernama Alien. Ngga langsung di instal sih, nanti aplikasi Alien ini bakalan mengkonversi .RPM menjadi .DEB. Setelah itu kita langsung saja install .DEB tersebut menggunakan DPKG di terminal.

Penginstalan
Pertama instal dulu aplikasi Alien dengan kode berikut ini.
sudo apt-get install alien
Setelah aplikasi Alien terinstal langsung saja meluncur ke folder dimana file .RPM itu di download, untuk kasus saya file .RPM nya di download ke folder Downloads. Untuk mengakses folder Downloads kita bisa mengetikan kode berikut
cd ~/Downloads
Kemudian setelah berada di direktori file .RPM tersebut langsung ketikan kode berikut untuk mengkonversi file .RPM menjadi .DEB.
sudo alien -k atom.x86_64.rpm
Karena aku bakalan mengkonversi file Atom maka namanya adalah atom.x86_64.rpm. Sesuaikan nama tersebut dengan file yang akan di konversi menjadi .DEB.
Untuk menginstal file .DEB nya kita ketikan perintah berikut di terminal.
sudo dpkg -i nama_file.deb
3 comments
3 comments
  1. X86_64 sama i386 beda bos. https://www.linuxquestions.org/questions/linux-newbie-8/what-is-the-difference-between-i386-and-x86_64-a-185435/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini juga ga berhasil nginstal file .DEB yang tadinya di konversi dari atom.x86_64.rpm. Mungkin karena beda bosku.

      Delete
    2. Punyaku Linux Ubuntu desktop i386.

      Delete