Search This Blog

Matahari

  • Wednesday, July 18, 2018 at 1:12:00 PM
  • 0 Comments
  • Views
Matahari
Matahari merupakan pusat perputaran Bumi dan planet serta benda dalam tata surya. Pada jaman dahulu, banyak orang yang menyembah Matahari sebagai Tuhan mereka. Mereka menyerahkan kurban dan mendirikan candi-candi untuk Matahari. Penghidupan mereka sebagian besar bergantung pada pertanian, sedangkan mereka menghubungkan panas Matahari dengan pergantian musim. Meskipun penyembah Matahari, mereka tidak banyak mengetahui tentang Matahari dibandingkan dengan yang kamu ketahui sekarang, mereka menyadari bahwa betapa penting arti Matahari bagi kehidupan. Matahari memberikan panas dan cahaya kepada Bumi yang di perlukan untuk keperluan semua makhluk hidup.

Gravitasi Matahari
Oleh karena massanya yang sangat besar, Matahari memiliki suatu tarikan gravitasi sebesar 28 kali lebih kuat daripada tarikan gravitasi bumi. Kamu dapat membayangkan jika berat badanmu 40 kg di permukaan Bumi, maka berat badanmu di permukaan Matahari sebesar 28 x 40 kg atau sama dengan 1.120 kg.

Energi Matahari
Sebagian besar bahan bakar yang terdapat di bumi berada dalam bentuk kimia dan energi Matahari. Batu bara, misalnya, sebenarnya adalah perubahan bentuk dari sisa pohon-pohon purba yang pernah hidup dan mati berabad-abad yang lalu dan yang terkubur di dalam batu-batuan. Jika kamu membakar batu bara, kamu mengeluarkan energi Matahari yang dahulu tersimpan sebagai energi kimia oleh pohon-pohon hijau dalam jaringan-jaringannya.
Pembangkit listrik tenaga air, yang menghasilkan listrik dari air mengalir juga bergantung pada Matahari. Tanpa energi Matahari, hujan yang di akibatkan oleh daur cuaca tidak akan pernah terjadi. Sehingga tidak akan ada air yang mengalir untuk menggerakan turbin stasiun pembangkit listrik tenaga air.
No comments
No comments

Post a Comment