Rainmeter: Bikin Cakep Desktop Windows 7
Monday, October 29, 20180 Comments
Rainmeter: Bikin Cakep Desktop Windows 7
A dreamer who trying to loves writing and blogwalking. Man of nature. The wrong man in the wrong time. Going with the flow. Penggemar CSS dan HTML.
Rainmeter: Bikin Cakep Desktop Windows 7
Di sela-sela waktu senggang ketika inspirasi blank dan ga mood buat ngapa-ngapain di laptop, aku cuma mantengin desktop Windows 7 ku yang juga blank. Yang ada cuma icon Recycle Bin doang. Sebersit sempat terlintas di pikiran untuk mengupgrade Windows 7 ku ke Windows 10 yang mempunyai Microsoft Store, Microsoft Edge Browser dan lain-lain. Tapi aku masih cukup nyaman dengan Windows 7 ku ini lagian kemarin aku baca di berita tentang konsep Windows 7 Remastered, ga tau juga sih bakalan rilis atau nggak tapi ini membuktikan bahwa masih cukup banyak user di luar sana yang masih menggunkan Windows 7.
Rainmeter & Windows 7 Logo
Oke stop dulu ngomomgin Operating Sistem nya, sekarang kita bakalan fokus ke desktopnya. Setelah ngeliat desktopku yang blank ini aku jadi kepikiran sebuah aplikasi yang dulu sering aku gunakan untuk menghias desktopku dengan berbagai fiturnya yang sangat keren sekali menurutku, aplikasinya bernama Rainmeter. Di Windows 7 sayang sekali kita ngga bisa menggunakan Rainmeter versi terbaru, kita hanya bisa menggunakan Rainmeter versi 3.3. Untuk pengguna Windows 10 kalian bisa kalian bisa memilih yang versi beta rilis atau yang stable atau final rilis, aku saranin sih mending download yang final rilis aja.
Oke untuk mendownload Rainmeter versi 3.3 langsung aja meluncur ke builds.rainmeter.net lalu disana pilih deh Rainmeter yang versi 3.3.3, jiah kesan nya lawas banget ya, tapi jangan khawatir setelah aku instal kayanya fitur-nya ga jauh beda amat sama yang terbaru.
Setelah selesai menginstal Rainmeter nya pertama kali kita bakalan dapet skin standar Illustro, tampilannya seperti di bawah ini.
Skin Illustro
Tampilan dari skin Illustro ini sangat sederhana sekali bisa dilihat di pojok kanan atas kita bisa melihat informasi Jam, informasi System Windows 7 kita, dan informasi Hardisk. Karena aku tidak suka dengan tampilan skin Illustro ini maka aku klik kanan pada skin nya dan memilih Unload Skin.
Untuk skin Rainmeter ada banyak website yang menyediakannya tapi disini aku bakal nyaranin website Deviantart nya Rainmeter nya yang beralamat di www.deviantart.com/rainmeter.
Setelah browsing-browsing disana aku memutuskan untuk mendownload skin launcher B'Loved punyanya Bow N Aero.
B'Loved launcher by Bow N Aero
Setelah di download file nya berkisar 1.62MB-an langsung saja aku instal dan kemudian aku mengaktifkan launcher nya. Untuk mengedit launcher B'Loved ini kita cukup klik kanan di launchernya kemudian pilih Edit Skin kemudian akan muncul file yang berekstensi .ini di desktop kita yang mana di dalamnya terdapat semua settingan skin ini. Tidak lupa aku juga menyeting Nama Icon dan File Path di B'Loved launcher ini. Kalau mau ganti Icon launcher nya juga bisa kita tinggal mereplace nama icon nya dengan nama Icon yang telah kita persiapkan.
Edit Skin
Untuk selanjutnya kita bisa mengkreasikan sendiri atau mix and match skin dari skin-skin yang telah ada dan yang telah kita download dari website-website penyedia skin Rainmeter. Oke sekian dulu cerita pengalaman kali ini, kita jumpa lagi di cerita-cerita yang lainnya. Ciao!

No comments:

Post a Comment