Screen Recording Atau Merekam Layar Di Phoenix OS
Friday, October 19, 20180 Comments
Screen Recording Atau Merekam Layar Di Phoenix OS
A dreamer who trying to loves writing and blogwalking. Man of nature. The wrong man in the wrong time. Going with the flow. Penggemar CSS dan HTML.
Screen Recording Atau Merekam Layar Di Phoenix OS
Buat kamu yang suka main game pasti sekali-kali ingin mengabadikan momen-momen berharga ketika bermain game contohnya adalah ketika melawan Bos di akhir game, atau ketika bermain game online bersama teman-teman. Tapi kegiatan merekam layar ini agak susah di lakukan di Phoenix OS, aku udah nyoba beberapa aplikasi tapi hasilnya kebanyakan ga berhasil terutama merekam audionya. Satu-satunya yang berhasil aku coba di Phoenix OS 3.0.1 adalah ADV screen recorder itupun ga berhasil merekam audionya.
ADV Screen Recorder
Tapi buat kalian yang ingin merekam layar Phoenix OS dengan cara agak oldschool dan geeky kalian bisa mencoba merekam layar dari Terminal dengan Command Line. Emang agak ribet sih tapi buat yang mau nyoba enggak ada salahnya di coba. Penasaran? Simak caranya berikut ini.

Persiapan
Siapkan dulu bahan-bahan nya yaitu:
  1. Phoenix OS yang sudah terinstal dan sudah beroperasi dengan baik di PC/Laptop kamu.
  2. Terminal Android (Aplikasi ini bisa di cari dan di download di Play Store).
Phoenix OS adalah sistem operasi untuk PC yang berbasis android. Ini adalah screenshot desktop Phoenix OS ku:
Desktop Phoenix OS
Dan Terminal Android adalah aplikasi untuk mengeksekusi perintah kegiatan merekam layar atau screen recording dalam bentuk command line di dalam Phoenix OS. Ini adalah screenshot dari aplikasi Terminal Android tersebut:
Aplikasi Terminal Android di Play Store
Merekam Layar Di Phoenix OS
Setelah semuanya siap kita tinggal buka aplikasi Terminal Android di Phoenix OS, lalu memasukan kode ke aplikasi Terminal Android. Pertama-tama adalah kode untuk mengakses root, di Terminal Android setelah tanda $ kita ketikan su kemudian hit enter maka tanda $ akan berubah menjadi #. Screenshot nya seperti berikut ini:
Mengakses Root
Setelah itu kita ketikan kode cd /sdcard/Movies kemudian tekan enter untuk mengakses folder Movies di dalam internal storage Phoenix OS.
Mengakses folder Movies
Di dalam folder Movies lah kita akan meletakan file video screen recording kita. Kemudian ketikan kode screenrecord test.mp4 dengan menekan tombol enter maka kita akan memulai proses screen recording. Kode test.mp4 adalah nama yang akan kita temukan di folder Movies dari hasil screen recording tersebut. Kita dapat mengubahnya dengan nama dan format video yang kita kehendaki. Untuk kasus ini, aku telah mencoba dua format yang berbeda yaitu .mpg dan .mp4.
Screen Recording
Untuk mengakhiri proses screen recording kita cukup menutup atau close aplikasi Terminal Android. Walaupun merekam dengan Terminal Android permasalahan dengan audionya masih belum terpecahkan yaitu tidak bisa merekam audio selain itu durasi perekamannya hanya berkisar 3 menit, setelah itu akan berhenti merekam dengan sendirinya.
Demikian tutorial cara Merekam Layar (Screen Recording) Di Phoenix OS ini, sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment