Menghubungkan Mailchimp Dengan Blogger
Saturday, November 17, 20180 Comments
Menghubungkan Mailchimp Dengan Blogger

Menghubungkan Mailchimp Dengan Blogger

  • Eka Awaludin

  • A dreamer who trying to loves writing and blogwalking. Man of nature. The wrong man in the wrong time. Going with the flow. Penggemar CSS dan HTML.
MailChimp adalah alat pemasaran email untuk mengirim pesan, mengumpulkan statistik, dan meningkatkan kinerja. Mereka menawarkan paket gratis, dengan mana kita dapat mengirim hingga 12.000 email per bulan kepada maksimal 2.000 pelanggan. Not bad at all, buat blog kecil seperti blog aku itu adalah penawaran yang sangat bagus. Oke ko aku udah seneng duluan ya di kasih penawaran segitu sama Mailchimp, blog aku kan Blogger apa emang bisa Blogger menggunakan Mailchimp? Jawabannya adalah bisa, kita bisa menghubungkan RSS blog kita dengan Mailchimp. Fiturnya bisa seperti feedburner setiap kita ngepost postingan maka Mailchimp akan secara otomatis mengirim ringkasan postingan kita kepada para subscriber.
Pastikan kita sudah mempunyai akun Mailchimp, kalau belum punya kita bisa daftar dulu di mailchimp.com. Untuk proses daftarnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Klik Sign Up button di sebelah kanan atas website. Kemudian di halaman form pendaftaran masukan email, buat username dan buat password.
  2. Cek inbox email kita. Buka email dari Mailchimp yang berjudul Activate Your Mailchimp Account dan aktivasi akun Mailchimp kita dengan mengklik tombol Activate Account.
  3. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman konfirmasi bahwa kita bukan Bot dengan melakukan verifikasi "I'm not a Robot" dari Google.
  4. Setelah itu kita akan mengisi biodata kita seperti First Name, Last name, Name of Your Business, Name of Your Website, Alamat dan mengisi beberapa survey tentang bisnis kita di internet. Kita juga di beri penawaran bundle mulai dari 10$ per bulan, tapi berhubung disini aku mau pake yang free jadi mencet tombol Not Right Now.
  5. Kemudian pencet tombol Start Using Mailchimp.
Untuk menghubungkan RSS feed blog kita dengan Mailchimp ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1.  Pertama di dashboard Mailchimp kita pilih dan klik menu Campaigns.
  2. Kemudian klik tombol Create Campaign di sebelah kanan yang berwarna grey.
  3. Pilih Email.
  4. Pilih tab Automated.
  5. Di bagian Featured pilih Share Blog Updates.
  6. Isi Campaign Name nya. Apapun yang mudah di ingat dan berhubungan dengan blog kita nantinya. Kemudian klik tombol Begin.
  7. Kemudian isikan RSS feed URL blog kita, jika kita tidak mengetahuinya cukup isikan alamat URL blog kita saja dan mailchimp akan mendeteksinya secara otomatis. Pilih seberapa sering email akan dikirimkan, apakah setiap hari atau setiap minggu atau setiap bulan. Jangan lupa centang pilihan Resize RSS feed image to fit template. Klik next.
  8. Kemudian pilih Entire List. Klik next.
  9. Kemudian di bagian Campaign Info kita bisa mengkustomisasi title pesan yang akan otomatis di share ke sosial media jika kita memilih menghubungkan sosial media misalnya menambahkan kata-kata kita di bagian title. Klik next.
  10. Di bagian template aku memilih yang One Column Full Width.
  11. Di bagian Design kita bisa menambahkan kata-kata kita dan yang paling penting adalah masukan RSS Item dengan men-drag nya ke bagian body konten email kita.
  12. Kemudian di bagian desain ini kita juga bisa menambahkan logo, link sosial media dan lain-lain. Kemudian klik next.
  13. Setelah semua selesai klik Start RSS di bagian pojok kanan bawah dan konfirm Start Campaign.
Terus bagaimana cara orang-orang subscribe atau berlangganan ke mailing list Mailchimp kita? Nah kita akan menambahkan signup form nya ke blog kita caranya mudah kok. Simak caranya berikut ini.
  1. Di dashboard klik menu Lists.
  2. Kemudian klik list yang telah dibuat.
  3. Pilih Settings lalu pilih List Fields and *|MERGE|* Tags.
  4. Uncheck semuanya yang terpilih. Disini aku hanya akan memunculkan form email saja untuk signup ke mailing list. Lalu klik Save Changes.
  5. Setelah di save lalu pilih Signup Forms.
  6. Pilih Embedded Forms.
  7. Pilih yang Classic. Yang klasik ini adalah yang paling lengkap kodenya.
  8. Lalu copy semua kodenya.
  9. Masuk ke akun Blogger kita lalu ke bagian layout dan tambahkan widget HTML/Javascript. Pastekan kode yang tadi kita copy ke dalam widget HTML/Javascript lalu simpan.
Sekarang proses daftar, setting dan form signup mailing list Mailchimp kita sudah selesai. Kita bisa mengecek nya dengan disposable email misalnya Yopmail. Tapi biasanya Mailchimp akan menampilkan pesan error kalau kita daftar ke mailing list menggunakan Yopmail, jadi gunakan email yang lain untuk mencobanya sendiri.
Sekian untuk kali ini, kita berjumpa lagi di artikel berikutnya. Ciao!
No comments :

Post a Comment