Aplikasi Google Camera Untuk Hasil Photo Yang Lebih Baik

  • Diterbitkan pada
  • May 28, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Google Camera atau yang biasa dikenal dengan GCam adalah salah satu aplikasi kamera paling populer di kalangan para pengguna android. Aplikasi kamera yang awalnya hanya ada di smartphone Google Pixel series mulai dari Pixel 1 hingga kini Pixel 4 berhasil dimodifikasi oleh para modder hingga bisa digunakan di banyak smartphone.

Apa Saja Fitur GCam?

Baru-baru ini Google telah meluncurkan update untuk Aplikasi Google Camera miliknya, sekarang aplikasi tersebut sudah mencapai versi 7.3 dan hadir dengan penyempurnaan dan fitur baru. Salah satu yang menarik adalah Astrophotography mode. Fitur ini memungkinkan penggunannya untuk dengan mudah mengabadikan obyek astronomi seperti bintang, bulan, dan sebagainya. Selain fitur Astronomi, Google Camera 7.3 membawa beragam fitur lain, seperti UI transparan, HDR+, Night Sight yang diperbarui dan lain-lain.
Salah satu fitur GCam

Hape Apa Saja Yang Bisa Menggunakan GCam?

Tidak semua smartphone Android mendukung penggunakan GCam untuk mengambil foto maupun video. Ada beberapa kriteria khusus agar smartphone bisa menjalankan Gcam dengan lancar, antara lain mendukung Camera2 API. Apa itu Camera2 API? Singkatnya Camera2 API merupakan sebuah framework yang memungkinkan aplikasi untuk mengakses fitur-fitur kamera yang meliputi, exporsure, focus hingga ISO.
Untuk mengecek apakah smartphone sudah mendukung Camera2 API sendiri cukup mudah. Pertama bisa menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test, jika semua ceklis, itu berarti mendukung. Kedua menggunakan aplikasi Camera2 API Probe, pastikan data Hardware Support Level menunjukan akses Level 3 atau Full, karena jika Lecagy atau Limited berarti belum mendukung.
Manual Camera Compatibility Test & Camera2 API Probe
Penjelasan dari Hardware Support Level di aplikasi Camera2 API Probe:
  • Level 3: Untuk level ini satu tingkat dari Full, maksudnya sudah support Camera2 API, tetapi kamu juga bisa memasang aplikasi kamera yang memiliki fitur RAW image capture, YUV reprocessing dan masih banyak lagi.
  • Full: Artinya smartphone sudah support Camera2 API dan sudah mendukung sepenuhnya fitur dari Camera2 API.
  • Limited: Artinya smartphone sudah support Camera2 API, tetapi mendukung beberapa fitur saja.
  • Legacy: Artinya smartphone hanya bisa memakai fitur dari Camera1 API saja, tidak diizinkan menggunakan fitur Camera2 API

Dimana Download GCam?

Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store untuk umum, kita bisa mendownload aplikasi modifikasinya secara gratis lewat situs Celso Azevedo. Setidaknya saat ini disana sudah ada lebih dari 20 modder yang ikut mengembangkan GCam untuk berbagai smartphone.

Conclusion

Beberapa hape ada yang Camera2 API nya sudah aktif secara bawaan, namun ada juga yang belum. Ada GCam yang harus pakai config dan ada yang tidak. Jadi cocok tidaknya, tergantung hape dan versi GCam nya, entah itu versi san1ty, Parrot042, BSG dan lain-lain. Jadi sebelum menggunakan GCam ini ada baiknya kamu melakukan searching dulu di google untuk GCam yang cocok buat hapemu atau kamu bisa bertanya-tanya di grup GCam yang banyak banget di Facebook. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Sumber: droidlime.com, teknosid.com, androidponsel.com
Click to Expand