Kloning Aplikasi Atau Game Di Smartphone Xiaomi Sampai 4 Akun Sekaligus

  • Diterbitkan pada
  • May 27, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Xiaomi adalah salah satu merk Smartphone asal China yang sedang Hype. Harganya yang murah namun kualitasnya tidak murahan membuat smartphone merk ini banyak diminati. Saya termasuk pengguna setia merk Xiaomi ini sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan saya mempunyai dua smartphone Xiaomi sekarang, Redmi 5A dan Pocophone F1. Selain karena harganya yang terjangkau para pengguna smartphone Xiaomi juga mempunyai komunitas yang besar dan solid, yaitu Mi Community. Xiaomi juga memanjakan para penggunanya dengan antar muka atau User Interface android buatan mereka yang bernama MIUI. Selain itu banyak sekali fitur yang tidak bisa kita temui di stock ROM android. Beberapa diantaranya yang akan kita bahas kali ini yaitu Aplikasi Ganda dan Ruang Kedua.

4 Akun Sekaligus Dalam 1 Smartphone?

Oke, disini saya akan mencontohkan kloning aplikasi whatsapp dengan fitur bawaan Xiaomi yaitu Aplikasi Ganda. Kemudian saya akan menginstal dan kloning WhatsApp lagi di Ruang Kedua. Jadi total nanti saya akan mempunyai 4 akun whatsapp dalam satu smartphone, tanpa bantuan aplikasi lain dan hanya menggunakan fitur bawaan MIUI 11.

Kloning Aplikasi Atau Game Dengan Aplikasi Ganda

Dengan fitur ini kita bisa kloning aplikasi apapun, bahkan game sekalipun bisa di clone. Namun sayang kita hanya bisa kloning maksimal 1 saja, tapi buat apa juga sih banyak-banyak. Tapi tenang aja kalau masih kurang kita bisa pakai Ruang Kedua, baca terus buat penjelasannya. Kelebihannya tidak ada iklan yang mengganggu seperti di aplikasi-aplikasi kloning yang tersedia di Play Store.
Cara kloning dengan Aplikasi Ganda:
  1. Pertama masuk ke Setelan atau Setting.
  2. Biar cepat gunakan fitur pencarian lalu cari Aplikasi Ganda.
Gunakan fitur pencarian di Setting
  1. Pilih Aplikasi Ganda kemudian cari aplikasi atau game yang ingin di gandakan, disini saya kloning aplikasi WhatsApp. Untuk menggandakan aplikasi atau game nya cukup aktifkan tombol di sebelah kanan setiap aplikasi atau game menjadi ON.
Pilih aplikasi yang ingin di gandakan
Untuk menguninstal aplikasi ganda tekan kembali tombol nya menjadi OFF. Mudah sekali bukan.

Mengaktifkan Ruang Kedua

Ruang kedua atau kalau dalam bahasa Inggris Second Space, adalah fitur Xiaomi yang memungkinkan untuk menjalankan dua sistem dan dua pengaturan dalam satu smartphone. Jadi kita nanti bisa menjalankan dua Aplikasi, dua Email, dua tema aktif dan lain sebagainya. Sederhananya kurang lebih terasa seperti punya dua smartphone didalam satu smartphone.
Fitur ini sebenarnya sudah lama ada, kalau tidak salah sejak MIUI 8 walau saya pribadi belum lama ini baru coba memakainya di MIUI 11, fitur ini sangat menarik lho kalau dicoba.
Cara mengaktifkan Ruang Kedua:
  1. Pertama masuk ke Setelan atau Setting.
  2. Biar cepat gunakan fitur pencarian lalu cari fitur Ruang Kedua.
Gunakan fitur cari untuk menuju fitur Ruang Kedua
  1. Setelah itu klik Ruang Kedua dan klik tombol Hidupkan Ruang Kedua.
Konfirmasi buat Ruang Kedua
  1. Tunggu beberapa saat untuk membuat Ruang Kedua.
Ruang Kedua berhasil dibuat
  1. Kemudian pilih berganti antar ruang menggunakan sandi atau shortcut. Disini saya memilih shortcut biar mudah.
Shortcut untuk berganti antar ruang
  1. Kemudian akan ada sedikit pengaturan awal yang perlu dilakukan seperti konfirmasi sandi dan lain-lain. Cukup ikuti panduannya. Sederhana kok, prosesnya paling hanya 1 – 2 menit saja sudah selesai.
  2. Kemudian untuk memunculkan shortcut berganti ke ruang pertama atau ruang utama kita bisa aktifkan di setting Ruang Kedua. Aktifkan "Pintasan Layar Utama".
Aktifkan shortcut "Pintasan Layar Utama"
  1. Setelah ini kamu bisa install WhatsApp dan mengkloning nya seperti yang kita lakukan di ruang pertama atau ruang utama. Untuk berganti ke ruang utama kita bisa klik shortcut yang mempunyai nama Ganti.
Shortcut kembali ke ruang utama
Selesai sudah, setelah proses di atas total kita bisa mempunyai 4 akun WhatsApp. Puas-puasin deh pake banyak akun dalam satu smartphone. Kamu bisa kloning aplikasi lainnya juga lho, game juga bisa di clone.

Conclusion

Walaupun terbatas hanya sampai 4 akun, tapi itu sudah cukup banyak kalau menurut saya. Apalagi kalau pakai whatsapp kan harus punya 4 nomor aktif sekaligus, yang repot itu ngisi pulsanya. 😁
Terus masalah lainnya di ruang kedua kita harus install lagi aplikasi atau game nya melalui Play Store atau melalui APK, kemudian baru bisa di clone lagi. 😟
Selain masalah tadi, fitur-fitur yang saya jelaskan di atas dijamin bagus dan adfree. So, buat yang punya smartphone Xiaomi buruan coba fiturnya sekarang.
Click to Expand