Color Grading Photography Menggunakan Lightroom Mobile

  • Diterbitkan pada
  • June 08, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Color grading adalah proses meningkatkan warna, saturasi, dan kontras suatu gambar. Fotografer menggunakannya untuk menciptakan suasana tertentu dalam foto mereka. Contohnya menambahkan rona biru untuk membuat gambar tampak dingin, atau rona kuning dan oranye agar terlihat hangat. Proses color grading sekarang bisa dilakukan di ponsel pintar, aplikasi untuk color grading di ponsel pintar yang paling terkenal adalah Lightroom Mobile.
Proses color grading sekarang bisa dilakukan di ponsel pintar, aplikasi untuk color grading di ponsel pintar yang paling terkenal adalah Lightroom Mobile.
Di aplikasi ini kita dapat mengontrol eksposur, kontras, bayangan, warna, saturasi dan banyak lagi. Jadi kalau kamu belum puas dengan hasil jepretan kamera ponsel pintar kamu, bisa di maksimalkan lagi hasilnya sesuai kemauan kamu di aplikasi ini.
Lightroom Mobile ini adalah aplikasi pengeditan non-destruktif. Yang artinya kita dapat mengedit foto tanpa mengurangi kualitas foto.

Menggunakan Preset (DNG)

Kita mulai dari yang paling gampang dulu ya, yaitu dengan menggunakan Preset.
Tunggu dulu, preset itu apa sih? Preset adalah sebuah kumpulan setting yang diterapkan pada saat editing foto yang kemudian disimpan dalam format tertentu. Lightroom Mobile sendiri dapat membaca preset berformat dng, xmp dan lrtemplate.
Foto istri saya di Pangandaran. Foto menggunakan preset Dark Moody.
Untuk menerapkan DNG preset di foto emang agak sedikit ribet, kita harus copy setting preset yang ada di file DNG tersebut, lalu di pastekan di foto yang akan di color grade. Tapi ada opsi ko untuk menyimpan setting DNG preset tersebut jadi preset bawaan, jadi nantinya ga usah copy paste settingan dari file DNG lagi.
Di aplikasi nya emang ga ada preset bawaan? Ada sih tapi cuma beberapa buah, ada 6 kalo ga salah.
Trus dimana kita bisa dapet DNG preset tersebut? Di Google banyak banget, dari yang free sampe yang premium. Untuk permulaan saya bakalan ngasih tau website tempat DNG gratis, alamatnya di freepresets.com.
Foto istri saya di Kota Tua Jakarta. Foto menggunakan preset Dark Moody.
Ada satu cara lagi untuk mendapatkan DNG preset ini. Yaitu dengan menggunakan aplikasi di Play Store yang bernama FLTR.

Manual Adjustment

Kalau cara manual ini agak pake skill dan feeling. Tapi kalo udah sering pake dan terbiasa pasti bakalan ngerti gimana cara ngedit curves, hue, levels, warna, saturasi dan banyak lagi untuk menghasilkan foto yang suasananya beda dari aslinya. Jadi setelah instal jangan langsung di uninstal lagi, coba dulu dan bermain-main dengan fitur-fiturnya.

Conclusion

Pake preset atau pake cara manual sebenarnya tergantung situasi dan kondisi. Ada kalanya foto kita kurang cocok menggunakan preset, misalnya terlalu terang, atau terlalu cerah. Jadi kita harus menyesuaikan lagi dengan cara manual. Jadi kombinasi keduanya juga perlu di terapkan sesekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Mulai sekarang ga ada alesan lagi deh menunda-nunda upload foto keren kamu ke instagram.
Click to Expand