Manfaat Bangun Pagi

  • Diterbitkan pada
  • June 01, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Setengah sadar, sayup-sayup terdengar muazin mengumandangkan azan subuh di kejauhan. Entah mengapa udara pagi ini terasa dingin menusuk kulit. Dengan malas saya menarik kembali selimut menutupi tubuh. Akhirnya saya bangun kesiangan dan melaksanakan salat subuh saat fajar menyingsing. 😅
Saya sebenarnya bingung mau salat subuh atau tidak, tapi saya pikir lebih baik salat subuh daripada tidak. 😁
Saya sendiri merasa aneh, kenapa sekarang saya sering banget bangun kesiangan. Kebiasaan bangun pagi-pagi yang di biasakan saat bulan Ramadhan telah lenyap, sirna dengan sendirinya. Padahal perintah untuk bangun subuh untuk beribadah telah tercantum di berbagai ayat Al-Quran dan hadist Nabi Muhammad SAW.
Perlu di ketahui, selain untuk melaksanakan ibadah ternyata banyak sekali manfaat yang di dapat jika kita bangun pagi.

Mandi Pagi Bisa Mengurangi Stres

Agama Islam juga mengajarkan kita untuk mandi sebelum subuh. Jika belum terbiasa, akan terasa dingin memang. Tapi kalo sudah tau manfaatnya dan sudah terbiasa, kita pasti akan semangat untuk mandi pagi. Aktivitas ini nggak cuma menyegarkan tapi punya banyak manfaat lho. Beberapa manfaat mandi pagi adalah melancarkan peredaran darah, membuat awet muda, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan sel darah putih, dan mengurangi stres.

Menghirup Udara Segar

Udara pagi masih bersih dan belum tersentuh polusi sehingga sehat bagi tubuh. Jika bangun pagi, maka kita akan menghirup banyak oksigen karena belum banyak orang atau makhluk hidup lain yang menghirupnya. Menghirup banyak oksigen bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Semakin pagi kita bangun, maka semakin banyak oksigen yang kita hirup. Semakin siang, udara akan semakin banyak terkontaminasi.

Pikiran Masih Fresh

Waktu pagi adalah waktu yang paling tepat untuk belajar. Saat dimana suasana masih tenang dan pikiran kita masih fresh. Belajar di pagi hari akan menguatkan sel-sel otak, membuat kita lebih mudah konsentrasi, dan otak lebih mudah merespon. Dengan begitu, apa yang kita pelajari akan lebih mudah dipahami dan diingat.

Lebih Bahagia

Selain baik untuk kesehatan fisik, bangun pagi bermanfaat untuk kesehatan mental kita. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam. Dengan catatan, kita bangun pagi setelah mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Conclusion

Memang susah untuk selalu konsisten bangun pagi. Tapi ingat akan pepatah bahwa untuk meraih kesuksesan, mulailah dari hal-hal kecil seperti memperbaiki kebiasaan sehari-hari. Salah satunya adalah bangun pagi! Awalnya mungkin sulit, tapi lama-lama pasti akan terbiasa. Salam semangat untuk kita.
Sumber: kompasiana.com, alodokter.com
Click to Expand