Musik Streaming Serta Musik Gratis Yang Hype Dan Bajakan Yang Mulai Ditinggalkan

  • Diterbitkan pada
  • June 23, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Wanahayu, Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka mendengarkan musik dari kecil. Ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, saya di belikan radio compo oleh ayah saya. Selain bisa mendengarkan radio alat itu juga bisa memutar kaset.
Waktu SMA saya bisa nabung buat beli kaset original. Kaset original pertama yang saya beli itu kaset nya Coldplay yang X&Y, rasanya itu seneng banget dan bikin senyum-senyum sendiri bisa beli kaset original.

Pengalaman Dengan Musik Bajakan

Sebagai penikmat musik saya pernah menggunakan musik-musik bajakan. Di era radio compo yang saya ceritakan tadi, saya sering merekam lagu dari radio. Hanya bermodal kaset kosong atau kaset bekas saya bisa mengoleksi lagu-lagu yang saya sukai dari radio.
Kemudian di jaman CD atau compact disk, saya sering ngoleksi CD kompilasi artis-artis ternama dengan harga murah dari abang-abang di pasar. Di jaman internet juga gitu, gampang banget punya album kesukaan cuma modal download di warnet doang.
Yah gitu lah, karena akses yang mudah dan kondisi ekonomi juga sih yang membuat saya memilih jalan yang ga baik tersebut.

Beralih Ke Musik Gratis Dan Musik Streaming

Musik Gratis

Oke sekarang saya mau cerita perkenalan saya dengan musik gratis. Waktu kuliah jaman nya gabut ga jelas saya sering browsing di forum-forum untuk mencari dan bertukar informasi tentang lagu dan artis keren dalam dan luar negeri. Sampai suatu waktu saya sampai di forum nya last.fm. Dari situlah saya mengenal para musisi independen. Karyanya sangat beda dari musik-musik mainstream. Musisi favorit yang saya suka diantaranya adalah I Am Waiting For You Last Summer, Okinawa Lifestyle, Fair Weather Friends dan Flight Facilities. Beberapa di antaranya memperbolehkan musik atau album nya di unduh gratis di Bandcamp.
Untuk musik gratis dalam negeri, saya dulu biasanya nyari di Netlabel. Perkenalan saya dengan Netlabel berawal ketika melihat video klip White Shoes & The Couples Company di youtube, video klip nya benar-benar unik dan menarik. Dari situlah saya mulai browsing dan mengenal musisi independen tanah air. Biasanya musik gratis mereka bisa di temui di Netlabel dalam negeri.
Oia, musik gratis yang lagi hype jaman sekarang itu musik nya NCS atau No Copyright Music. Bukan nama band ya, itu nama perusahaan yang menyediakan musik gratis buat di dengarkan dan di download. Biasanya sih di pakai para konten kreator youtube.

Musik Streaming

Perkenalan saya dengan layanan musik streaming adalah ketika kerja di Jakarta. Waktu itu saya dapet aplikasi android yang namanya Spotify. Untuk bisa daftar dan menikmati layanan nya dulu harus pake vpn kalau ga salah. Saya sering berangkat dan pulang kerja naik komuter line dan busway sambil dengerin playlist Spotify, duh bener-bener kenangan banget.
Kemudian bermunculan layanan musik streaming lainnya, baik dalam dan luar negeri. Seperti Deezer, Shazam, Joox dan lain-lain. Kebanyakan sih berbayar, tapi setimpal sih sama layanan nya. Misalnya bitrate maksimal, tanpa iklan dan bisa pilih lagu sesuai keinginan. Kalau saya kadang suka dengerin artis indie favorit saya di soundcloud dan bandcamp, biar bisa pilih lagu.

Conclusion

Oke saya bisa katakan jaman sekarang ini musik original gampang banget di akses dan di gunakan, jadi ga ada celah buat musik bajakan. Dunia permusikan udah berubah drastis dan saya di hadapkan dengan banyak banget pilihan. Tapi pastinya di antara pilihan itu ga ada yang namanya musik bajakan lagi.
Click to Expand