Mengatasi Blank Screen Pada Display Capture di OBS (Open Broadcaster Software)

  • Diterbitkan pada
  • August 19, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

Open Broadcaster Software atau yang lebih dikenal dengan OBS adalah sebuah software yang berfungsi untuk melakukan live streaming, merekam layar dan game. Banyak youtuber atau gamer yang memakai software ini, selain karena gratis software ini juga lintas platform atau bisa digunakan di Linux, Mac dan Windows. Walaupun gratis software ini sangat handal dan mempunyai fitur yang sangat lengkap.

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi blank screen pada saat akan merekam layar (display capture) di OBS. Di kasus saya, hal ini terjadi karena laptop saya mempunyai 2 buah GPU jadi harus di atur untuk memilih salah satu di antaranya. Oke langsung saja kita ke cara memperbaikinya.

Pertama klik kanan di desktop lalu pilih Display Setting.
Pilih Display Settings
Kemudian scroll ke bawah sampai menemukan Graphic Settings, klik link tersebut.
Pilih Graphic Settings
Di Graphic Settings pastikan preference nya pilih yang Desktop App.
Pilih Desktop App
Setelah itu klik tombol Browse.
Klik Browse
Kemudian cari direktori software OBS nya. Biasanya direktorinya ada di alamat ini C:\Program Files\obs-studio\bin\64bit. Pilih obs64.exe lalu klik tombol Add.
Tambahkan OBS
Setelah di tambahkan pilih OBS dan klik tombol Options.
Klik tombol Options
Lalu akan muncul pop-up Graphic Preference. Disini pilih yang Power Saving lalu save, bisa di pastikan Display Capture OBS nya akan bekerja dengan baik. Entah kenapa jika memilih High Performance, Display Capture OBS masih blank screen.
Pilih Power Saving
Buka OBS nya kemudian coba Display Capture nya, pasti sekarang tidak blank screen lagi.
Display Capture bekerja dengan baik.
Itulah pengalaman saya memperbaiki blank screen pada saat merekam layar di OBS. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang memiliki masalah yang sama.
Click to Expand