Cara Main Game PlayStation (PS1) di Laptop/PC

  • Diterbitkan pada
  • September 05, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

PS1 adalah salah satu konsol game yang memberikan kenangan indah di dalam hidup saya. Tahun 2001 adalah tahun pertama saya mengenal PS1, di jaman itu PS1 adalah konsol terbaik yang mempunyai game-game keren yang hingga kini masih melekat di ingatan saya. Diantaranya yang sering saya mainkan adalah Winning Eleven, Pro Evolution Soccer, Jackie Chan Stuntmaster, Resident Evil 3: Nemesis, Dino Crisis 2, Grand Turismo dan Colin McRae Rally. Saya memainkan game-game tersebut di rental PS1 di kota saya. Waktu itu PS1 adalah hal yang langka dan cuma beberapa orang doang yang bisa punya ini konsol di rumahnya. Yang paling membuat saya kesal main di rental PS1 waktu itu adalah ketika memainkan game petualangan seperti RE3 Nemesis. Ketika sudah jauh dan sudah menyelesaikan banyak teka-teki tapi terpaksa berhenti karena waktu rental dan uang jajan sudah habis, biasanya saya harus mengulang dari awal petualangan itu esok harinya. Sebenarnya bisa di akali dengan membeli Memory Card buat nyimpen progres game-game yang kita mainkan, tapi saya ga pernah kesampean buat beli.

Perkenalan Saya Dengan Emulator PS1

2006 - 2012. Di periode tahun itu saya benar-benar di manjain sama ortu, minta PC gaming alasan buat keperluan kuliah di beliin, minta laptop buat nyusun skripsi juga dibeliin. Saya benar-benar jarang keluar rumah kalo pulang kuliah, sibuk browsing dan nunggu download yang lama banget karena saya masih pake internet dial-up nya kartu Flexi. Waktu itu saya sering ikut nimbrung di forum-forum internet. Dari sanalah saya mengenal software-software aneh dan unik, salah satunya adalah software emulator untuk PS1.

Emulator PS1 Terbaik Untuk Laptop/PC dan Android

Sebenernya ada banyak software emulator PS1, tapi yang paling stabil dan mempunyai konfigurasi yang kompleks adalah ePSXe. Software ini bisa di unduh di website resminya secara gratis untuk platform Windows. ePSXe juga tersedia di untuk platform Android dan tersedia di PlayStore, namun sebelum kita bisa mendownload dan menggunakannya kita harus membelinya terlebih dahulu seharga Rp. 50.000.

Download & Konfigurasi ePSXe di Laptop/PC

Download ePSXe

Pertama download dulu ePSXe nya di website resminya yaitu di www.epsxe.com. Kemudian download versi terbaru, ketika tulisan ini dibuat versi terbarunya adalah versi 2.0.5. Karena kita akan menggunakan nya di Laptop/PC jangan lupa pilih yang Windows.

ePSXe terbaru

Download BIOS PS1

Kemudian download BIOS PS1 nya disini.

Download ROM PS1

Kalian bisa download ROM PS1 di banyak website, tapi kebanyakan sekarang sudah dibatasi download speed nya. Tapi ada satu website yang kecepatan download nya tidak di batasi dan beralamat di wowroms.com.

Konfigurasi ePSXe

Setelah di download ekstrak ePSXe205.zip ke sebuah folder.

Folder ePSXe hasil ekstrak

Masuk ke folder hasil ekstrak tadi lalu masuk ke folder "bios" dan ekstrak ePSXe_Bios.zip disini.

Hasil ekstrak ePSXe BIOS

Kembali ke folder utama ePSXe hasil ekstrak dan klik dua kali ePSXe.exe. Kemudian akan muncul ePSXe config setup seperti di bawah ini. Kemudian klik Config.

ePSXe config setup

Selanjutnya adalah konfigurasi BIOS. Untuk BIOS pilih yang Recomendded aja (scph1001 - US).

Konfigurasi BIOS

Selanjutnya adalah konfigurasi grafis video. Pilih Pete's OpenGL2 GPU Core 2.0.0. Kemudian klik Config.

Konfigurasi grafis video

Untuk konfigurasi Pete's OpenGL2 GPU Core 2.0.0 ikuti settingan seperti gambar di bawah ini.

Konfigurasi Pete's OpenGL2 GPU Core 2.0.0

Setelah selesai klik OK dan klik Next untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya. Kemudian bagian selanjutnya adalah konfigurasi Audio. Di bagian ini kita langsung Next aja.

Konfigurasi Audio

Kemudian bagian selanjutnya adalah konfigurasi CD-ROM. Pilih yang ePSXe CDR WNT/W2K core 2.0.0. Tapi karena kita akan jarang menggunakannya kita ga bakalan konfigurasi dan langsung Next aja.

Konfigurasi CD-ROM

Selanjutnya adalah konfigurasi Controller. Klik bagian Controller 1.

Konfigurasi Controller

Disini saya menyarankan agar menggunakan Stik PlayStation 2 dan konverter nya. Untuk lebih jauh mengenal cara menggunakan Joystik PS2 di PC/Laptop bisa baca postingan saya disini. Di bagian konfigurasi Controller ini saya menggunakan Keyboard. Ingat-ingat settingan keyboard nya, tapi kita juga bisa merubah settingan nya agar sesuai dengan kemauan kita. Contoh saya akan merubah L2 yang default nya adalah E di keyboard, untuk merubahnya klik bagian tersebut (yang saya lingkari merah di gambar di bawah ini) kemudian pencet tombol penggantinya di Keyboard. Setelah selesai klik OK.

Konfigurasi Controller

Kemudian klik Next dan kita telah selesai mengkonfigurasi ePSXe nya. Klik Done.

Konfigurasi ePSXe selesai

Selanjutnya klik Options lalu di CPU Overclocking pilih x1.

CPU Overclocking

Selesai dan kita tinggal memilih game yang akan kita mainkan. Di menu File pilih Open Gamelist.

Open Gamelist

Di Gamelist klik Folders, kemudian klik tombol titik tiga di samping dan arahkan ke folder tempat kita menyimpan ROM game PS1 yang telah kita download.

Browse ROM folder

Kemudian akan muncul list Game yang ada di folder tersebut. Selanjutnya klik Get Covers untuk mendownload Cover game yang ada di list. Untuk menjalankan game nya, pilih game yang akan kita jalankan kemudian klik OK. Contoh disini saya akan menjalankan game Jackie Chan Stuntmaster.

Gamelist setelah di konfigurasi

Game berhasil di load dan siap di mainkan.

Game berhasil di mainkan

Conclusion

Untuk menjalankan emulator ePSXe ini, ga perlu spek PC/Laptop yang bagus. Cocok buat yang pengen nostalgia atau mengisi kejenuhan.

Click to Expand