Kenalan Dengan Musik Synthwave

  • Diterbitkan pada
  • October 17, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin

Pada suatu akhir pekan beberapa minggu yang lalu, menjelang tengah malam saya mengalami sebuah deja vu yang membuat saya ga bisa tidur sampe pagi. Semua yang di rumah sudah tidur, acara di TV ga ada yang rame tapi mata belum ngantuk akhirnya saya iseng buka Youtube. Di beranda saya liat-liat video rekomendasi dari youtube sampai saya berhenti di sebuah musik video yang udah di tonton 68 juta kali dari sebuah channel bernama Electronic Gems. Eh, setelah saya dengarkan musiknya, saya ngerasa aneh aja gitu. Kayanya pernah denger tapi yang ini lebih smooth dan santai. Setelah saya inget-inget lagi ternyata musik baru ini mengingatkan saya kepada musik opening serial tv Baywatch yang sering saya liat waktu kecil.

Tentang Musik & Musisi Synthwave

Setelah saya telusuri, Electronic Gems adalah sebuah channel Youtube asal Kanada yang sering mempromosikan musik-musik elektronik bernuansa retro, diantaranya Synthwave.

Lalu apa itu Synthwave? Dilansir dari Wikipedia, Synthwave (juga disebut outrun, retrowave, atau futuresynth) adalah mikrogenre musik elektronik yang sebagian besar didasarkan pada musik yang terkait dengan aksi, fiksi ilmiah, dan soundtrack film horor tahun 1980-an. Pengaruh lain diambil dari seni dan video game dekade itu. Musisi Synthwave sering kali membawa budaya 1980-an dan berusaha menangkap atmosfer era tersebut.

Musisi yang cukup terkenal di jaman sekarang untuk musik Synthwave adalah M83, walaupun saya udah tau cukup lama saya baru tau sekarang kalau aliran musik M83 adalah Synthwave. Kamu bisa lihat di hampir semua video klip M83 suasana nya agak lawas kayak 80-90an gitu.

Well, dari pengamatan saya untuk channel Electronic Gems kayanya banyak di dominasi sama musisi Indie. Tapi musik mereka benar-benar ga kalah sama yang mainstream, bahkan lebih keren dan beda aja gitu. Selain Electronic Gems, ada sebuah label di Bandcamp yang juga mempublikasikan dan membuat kompilasi musik karya musisi-musisi independen yang beraliran Synthwave. Label nya bernama Stratford Ct.

Oke setelah beberapa minggu saya mendapat asupan musik Synthwave, saya udah punya beberapa musisi favorit.

Memorex Memories, oDDling, De Lorra, VIQ, Hotel Pools, Forhill, Unfound, Krosia, A.L.I.S.O.N, adalah beberapa musisi yang saya favoritkan dan yang saya rekomendasikan jika kamu tertarik mendengarkan musik Synthwave.

Untuk Youtube, saya udah buatkan playlist nya di bawah ini biar kamu bisa langsung dengerin gimana mempesona nya musik Synthwave.

Conclusion

Mendengarkan musik-musik Synthwave sambil mengamati artwork nya dan membaca tentang budaya 80an, saya seperti di bawa ke masa lalu yang belum pernah saya alami dan masa depan yang tidak saya kenal. Nostalgia yang agak aneh, namun memberikan sensasi yang menakjubkan.

Click to Expand