Petualangan Mencari Jati Diri — Into The Wild (2007)

  • Diterbitkan pada
  • October 31, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Nonton film di hari libur, emang asik banget. Kali ini saya mau menceritakan salah satu film favorit saya. Yang suka petualangan dan alam bebas, pasti bakalan suka dengan film ini.

Plot

Film ini menceritakan tentang Christoper McCandless (di perankan oleh Emile Hirsch) yang meninggalkan kenyamanan hidup bersama orang tuanya yang mapan. Chris memilih untuk berpetualang mencari jati diri dan kebahagiaan sejati dengan hidup di alam bebas.
Ketika Chris akan di hadiahi mobil baru oleh orang tuanya pada saat kelulusan, dia sedikit emosional dan menolaknya. Chris kemudian mendonasikan seluruh tabungan kuliahnya sebesar USD 24.000 ke Oxfam America.
Chris memulai petualangannya dengan berkendara sejauh mungkin menggunakan mobil Datsun tuanya. Di suatu tempat ketika sedang beristirahat di mobil, tiba-tiba mobilnya di terjang banjir yang menyebabkan Chris meninggalkan mobilnya. Chris kemudian membakar semua uangnya yang tersisa.
Chris membakar semua uangnya yang tersisa
Chris melanjutkan petualangannya dengan berjalan kaki dan menumpang mobil yang lewat. Chris kemudian bertemu dengan orang-orang baru yang baik. Mereka diantaranya adalah Jan & Rainey, pasangan yang hidup nomaden dengan mobil Campervan mereka. Wayne, seorang pemilik pertanian tempat Chris bekerja sebagai pemanen gandum. Tracy, seorang gadis cantik yang menyukai Chris. Ron, seorang kakek pensiunan tentara yang ingin menjadikan Chris sebagai cucunya.
Chris bekerja memanen gandum
Ketika mulai dekat dan mereka ingin mengajak Chris ke kehidupan mereka, Chris selalu menolak dan hanya ingin pergi ke Alaska. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena keinginan Chris sangat kuat. Chris berjanji akan menghubungi mereka kembali setelah pulang dari Alaska.
Tiba di Alaska dia menemukan Bis yang terbengkalai yang kemudian ia jadikan tempat tinggal. Chris menyebutnya Magic Bus.
Chris benar-benar menikmati alam liar Alaska dan bertahan hidup dengan berburu.
Magic Bus di Alaska
Setelah sekian lama, Chris merasa telah puas hidup di alam bebas Alaska. Chris merapihkan barang-barangnya dan kemudian pergi meninggalkan Magic Bus untuk pulang. Namun ketika akan menyebrangi sungai terakhir, Chris terkejut karena airnya sangat deras. Chris sempat jatuh ke sungai namun selamat. Chris kembali ke Magic Bus dan tinggal untuk beberapa lama. Hewan-hewan yang menjadi sumber makanan nya menghilang entah kemana. Badan Chris mulai kurus karena kelaparan. Chris kemudian mengumpulkan tumbuhan yang bisa di makan di sekitar Magic Bus mengikuti referensi dari buku yang ia bawa. Chris mencampur semua tumbuhan tersebut kemudian memakannya. Keesokan harinya Chris muntah dan merasa lemas. Setelah membaca kembali buku yang ia bawa, Chris mengetahui kalau ternyata ia telah memakan tumbuhan beracun.
Terjebak sungai yang menjadi deras
Dalam kondisi lemas Chris kelaparan dan kemudian meninggal kedinginan. Petualangan Chris berakhir secara tragis di Alaska yang sunyi dan beku.
Film ini memiliki cerita, musik dan sinematrografi yang sangat epic. Emosi saya berkecamuk dan merasa tidak percaya dengan apa yang terjadi di film ini.

Di Adaptasi Dari Kisah Nyata

Film Into The Wild di adaptasi dari buku yang ditulis berdasarkan kisah nyata karya Jon Krakauer, berjudul sama terbitan tahun 1996. Menceritakan tentang seorang Christoper McCandless yang berasal dari keluarga mapan di Washington, D.C. Ayahnya, Walter McCandless, merupakan seorang insinyur yang bekerja di NASA dan ibunya Wilhelmina McCandless adalah seorang sekretaris di Hughes Aircraft Company. Ia lulus dari Emory University jurusan Sejarah dan Antropologi pada tahun 1990 dengan predikat Cum Laude.
Christoper McCandless bersama kedua orang tuanya, Walter dan Wilhelmina.
Namun Chris adalah pemuda yang idealis dan cenderung menjauhkan diri dari kehidupan modern. Pemikiran dan keyakinan Chris dipengaruhi oleh karya-karya penulis favoritnya yaitu Leo Tolstoy, Jack London dan Thoreau.
Ironis, setelah lama menghilang Chris ditemukan meninggal di sebuah Bis yang terbengkalai di tengah alam liar Alaska. Jasad Chris ditemukan oleh seorang pemburu yang sedang berusaha menemukan tempat berteduh saat malam hari. Dengan penyusutan berat badan sampai 30 kilogram saat ditemukan, Christoper McCandless diduga meninggal karena kelaparan. Kendati demikian penyebab kematian Chris masih menjadi perdebatan sampai saat ini.

Yang Menarik Dari Film Into The Wild

Quotes Yang Epic

Film ini di awali dengan sebuah quote dari Lord Byron dengan background musik yang menyayat-nyayat.
There is a pleasure in the pathless woods;
There is a rapture on the lonely shore;
There is society, where none intrudes,
By the deep Sea, and music in its roar:
I love not Man the less, but Nature more...
Lord Byron
Quote ini benar-benar membuat saya merenung. Mungkin inilah alasan mengapa Christoper McCandless ingin menjalani kehidupan di alam liar sendirian. Dia ingin mendapatkan ketenangan, kebebasan dan menyingkir sejenak dari sistem masyarakat yang absurd.
Quotes lainnya yang keren dari film ini saya tulis di bawah ini.
Rather than love, than money, than faith, than fame, than fairness. Give me truth.
Henry David Thoreau
If you want something in life, reach out and grab it.
Christopher McCandless
Happiness is only real when shared.
Christopher McCandless
When you forgive, you love. And when you love, God's light shines on you.
Ron Franz

Soundtrack Yang Emejing

Semua lagu soundtrack film ini dikerjakan oleh vokalis band Pearl Jam, Eddie Vedder. Coba dengarkan lagunya sambil meresapi makna liriknya. Bisa membangkitkan jiwa petualangmu sekaligus membuatmu sedikit emosional. Terutama ketika mendengarkan lagu yang berjudul, Society. Damn!

Young Kristen Stewart

Sebelum ke Alaska, Chris bertemu kembali dengan Jan & Rainey di Slab City. Chris kemudian bertemu dengan Tracy (di perankan oleh Kristen Stewart) ketika Chris sedang menjaga toko buku milik Jan & Rainey. Mereka berkenalan, jalan-jalan dan sempat konser bareng di Slab City.
Tracy & Chris di Salvation Mountain
Di antara semua film Kristen Stewart yang pernah saya tonton, menurut saya ini adalah salah satu penampilan terbaiknya. Walaupun di film ini dia hanya muncul sebentar.

Cast & Crew

Director: Sean Penn
Writers: Sean Penn (screenplay), Jon Krakauer (book)
Stars: Emile Hirsch, Vince Vaughn, Catherine Keener, Kristen Stewart
Click to Expand