Main Ke Panyaweuyan

  • Diterbitkan pada
  • October 24, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Lokasi: Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462, Indonesia

Panyaweuyan merupakan tempat wisata yang sekarang ini sangat populer di Majalengka. Selain keindahan terasering nya, tempat ini berada di ketinggian 1204 meter di atas permukaan laut yang otomatis mempunyai view yang memanjakan mata serta membuat pikiran rileks. Di antara kalian mungkin ada yang pernah melihat foto terasering Panyaweuyan ini di Instagram. Foto keindahannya sering di unggah oleh fotografer profesional maupun akun yang mempromosikan keindahan alam Indonesia. Dilansir dari website humas Jabar, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun sangat mengagumi Panyaweuyan. Menurut Kang Emil (panggilan akrabnya) Panyaweuyan adalah terasering kebun terindah di dunia.

Flashback

Kembali ke tahun 2009, tempat ini hanyalah kebun bawang biasa milik warga. Saya yang waktu itu masih kuliah dan masih pacaran sama istri, sering lewat kesini kalo habis main dari Air Terjun Muara Jaya atau Hutan Pinus Cipanten. Kami sering menyempatkan waktu berhenti dan menikmati pemandangan dari Panyaweuyan, sekaligus foto-foto di sana. Memang pemandangan dari tempat ini bagus sekali, ditambah udaranya yang sejuk membuat kami betah berlama-lama di tempat ini.

Waktu kami masih pacaran dan berfoto di tepi jalan di sekitar Panyaweuyan.

Main Ke Panyaweuyan

Bulan Januari 2020 setelah sekian lama saya melupakan tempat ini, akhirnya saya kembali main ke Panyaweuyan. Saya benar-benar di buat takjub dengan perubahan yang terjadi di tempat ini. Sekarang suasananya sudah berbeda, tertata rapih dan dilengkapi dengan fasilitas yang modern. Saya juga mendapatkan pemandangan terasering yang sedang bagus dan hijau.

Di tangga menuju puncak Panyaweuyan
Di tangga dekat puncak Panyaweuyan

Postscript

Menurut informasi yang saya dapat, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada bulan Januari atau Februari, karena di bulan itu sudah mendekati waktu panen dan Panyaweuyan pasti sedang hijau-hijau nya.

Click to Expand