Pengalaman Beli Lisensi Windows 10 Pro & Office 2019 Pro Plus (Original Tapi Murah)

  • Diterbitkan pada
  • October 29, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Saya mengenal sistem operasi Windows sejak tahun 2005. Saya masih ingat pertama kali mengoperasikan komputer yang pake Windows XP, bisa ganti wallpaper sama muter MP3 di Winamp itu udah seneng banget. 😅
Kemudian saya punya PC rakitan sendiri dan bisa nginstal ulang Windows XP sendiri. Pengalaman saya dulu kalo instal ulang Windows XP itu pake serial number sejuta umat, dapet dari temen. Akibat sering instal ulang karena virus, saya sampai hafal di luar kepala serial number nya. Windows 7 juga sama, pake serial number sejuta umat dari internet. Saya ga pernah pake Windows 8, karena menurut kabar di forum-forum, versi Windows tersebut adalah proyek setengah jadi. Windows 10 juga sama, pake serial number dari Internet.
Dari Windows XP sampai Windows 10 habis instalasi semuanya bisa di gunakan sepenuhnya, tapi ga bisa di aktivasi aja. Untuk aktivasinya biasanya pake software aktivator.

Nemu Penjual Lisensi Produk Microsoft Original Tapi Murah

Tahun 2019 saya nemu lapak penjual lisensi original software terkenal dengan harga murah di salah satu marketplace. Awalnya sih saya mengira pasti ujung-ujung nya di suruh pake crack, keygen atau activator. Saya coba buka produk Windows 10 Pro, saya agak tercengang juga setelah baca deskripsi nya. Di deskripsi tersebut di jelaskan kalo kita bisa langsung aktivasi online lisensi Windows 10 Pro nya secara legal. Saya kemudian chating sama seller nya, dan karena cukup meyakinkan saya jadi pengen beli. Kemudian saya order dan lisensi nya langsung dikirim ke e-mail saya. Saya aktivasi lisensi nya langsung dari setting di Windows 10 secara online sesuai instruksi seller nya, dan ternyata emang bener OS saya yang tadinya Windows 10 Home tiba-tiba langsung upgrade ngedownload Windows 10 Pro dan status nya berubah jadi Activated.
Tab Activation Windows 10 Pro Saya
Di tab Activation ada tulisan, Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account. Wow! Karena saya sangat puas, saya jadi beli dan mengkonfirmasi pembayaran di marketplace nya.

Original Ko Murah Sih?

Bayangin aja beli lisensi Windows 10 Pro original cuma Rp. 50.000, kok bisa? Sedangkan di website resmi nya aja harganya jutaan. Saya kemudian mencari referensi di internet tentang lisensi Windows 10.

Jenis Lisensi & Aktivasi Windows 10 Pro

Setelah saya telusuri cara aktivasi dan lisensi Windows 10 itu bermacam-macam.

Digital License

Lisensi ini dikeluarkan oleh perusahaan vendor, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke mesin lain. Jenis lisensi ini biasanya disebut OEM (Original Equipment Manufacture). Kalo beli laptop baru biasanya suka disertai pre-install OS Windows original kan, nah biasanya lisensi OS nya itu OEM.

Product Key

Beda dengan OEM, versi lisensi ini bisa di pindahkan dari satu laptop / PC ke laptop / PC lain. Lisensi ini biasanya disebut Retail.

Apakah Ini Lisensi OEM?

Nah kebetulan di kasus saya di kasih Product Key (Serial Number) untuk aktivasi nya, tapi lisensi nya Digital License atau OEM dan ga bisa dipindahin ke mesin lain. Kalo udah di aktifin di satu laptop, mau di gimanain juga lisensinya tetep buat laptop itu aja dan saya udah membuktikan nya. Waktu saya pertama kali beli lisensi Windows 10 Pro dan Office 2019 Pro Plus, saya melakukan aktivasi nya di laptop adik saya dan sampai sekarang lisensi nya ga bisa di pindahin lagi.

Tetap Bersyukur

Terlepas dari semua hal tersebut saya bersukur bisa menggunakan sepenuhnya Windows 10 Pro dan Office 2019 Pro Plus yang asli dengan harga terjangkau, tanpa khawatir lagi dengan Spyware atau Malware yang mungkin saja di tanam oleh para pembuat crack. Pake versi original rasanya pede dan bisa update Windows 10 Pro dan Office 2019 Pro Plus dengan tenang.

Postscript

Untuk harga lisensi Office 2019 Pro Plus ternyata lebih mahal dari lisensi Windows 10 Pro. Sebenarnya saya masih bingung. Tapi untuk keaslian lisensi, menurut saya kayanya beneran asli karena saya melakukan aktivasi nya secara online, langsung di Windows 10 yang baru saja saya instal dan tanpa bantuan software apapun.
Click to Expand