Melawan Lupa — Paper Towns (2015)

  • Diterbitkan pada
  • November 08, 2020
  • Diposkan oleh
  • Eka Awaludin
Udah weekend, waktunya nonton film (lagi). Kali ini saya punya rekomendasi film tentang kehidupan (asmara) remaja Amerika. Tentang cinta, mimpi dan pilihan dalam hidup.

Jalan Cerita

Masa Kecil

Quentin Jacobsen tinggal di Jefferson Park, Orlando, Florida. Suatu hari Quentin melihat Margo Roth Spiegelman (dan keluarganya) pindah ke sebelah rumahnya.
Quentin melihat Margo dan jatuh cinta  pada pandangan pertama
Quentin langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Mereka sering main bersama namun Quentin tidak pernah mengungkapkan ketertarikannya. Quentin selalu memperhatikan Margo dari jendela kamarnya. Margo menyukai hal-hal yang misterius.

Masa Remaja

Quentin (di perankan oleh Nat Wolff) dan Margo (di perankan oleh Cara Delevingne) sekolah di Jefferson Park High School.
Quentin bersama sahabat baiknya
Quentin adalah remaja yang pintar, baik dan tidak menyukai masalah. Quentin mempunyai dua teman baik yaitu Radar dan Ben. Mereka adalah remaja yang di kucilkan di sekolah.
Margo yang terkenal di sekolah
Sebaliknya, Margo adalah gadis yang terkenal, menyukai petualangan dan sibuk dengan berbagai kegiatan. Margo juga mempunyai sahabat dekat yaitu Becca dan Lacey. Suatu ketika Quentin menatap Margo ketika mereka berpapasan namun nampaknya Margo tidak menyadarinya.

Partner In Crime

Quentin lelah dengan keadaan ini. Sampai suatu malam Margo datang ke kamarnya melalui jendela ketika dia sedang tidur. Quentin terkejut namun bahagia. Ternyata Margo minta di antar balas dendam ke pacar dan sahabat baiknya. Pacar Margo, Jase ternyata berselingkuh dengan teman dekatnya, Becca. Dan Margo juga marah kepada Lacey karena tidak menceritakan perselingkuhan itu kepadanya.
Margo di bantu Quentin mengerjai Jase dan Becca
Malam itu Margo balas dendam (mengerjai) semua yang menghkhianatinya dengan bantuan Quentin.

Malam Yang Berkesan

Setelah selesai balas dendam, Margo mengajak Quentin ke gedung SunTrust. Mereka bisa masuk karena Margo kenal dengan satpam nya. Di gedung SunTrust mereka melihat pemandangan kota malam hari. Margo dan Quentin saling curhat dan kemudian mereka berdansa.
Berdansa di gedung SunTrust
Di depan rumah mereka, sebelum berpisah untuk tidur Margo memeluk Quentin. Margo mengucapkan kata-kata yang membuat Quentin bahagia. Namun keesokan harinya dan seterusnya Margo tidak terlihat lagi di Jefferson Park High School. Banyak kabar berseliweran mengenai keberadaan Margo. Quentin pun penasaran dengan keberadaannya.

Mencari Margo Yang Pergi Dari Rumah

Quentin menemukan petunjuk yang di tinggalkan Margo di kamarnya. Setelah di telusuri petunjuk tersebut mengarah kepada sebuah kota yang bernama Agloe di New York, dimana populasi penduduknya hanya 1 orang. Quentin, Ben, Radar, Angela (pacar Radar) dan Lacey kemudian melakukan perjalanan ke Agloe, New York menggunakan mobil Quentin untuk mencari Margo.
Berlima menuju Agloe, New York
Setelah menempuh 22 jam perjalanan, mereka sampai di Agloe New York namun mereka tidak menemukan Margo. Karena sebentar lagi akan pesta kelulusan mereka memutuskan untuk pulang, namun tidak dengan Quentin. Dia yakin Margo ada di tempat ini dan ingin menunggu lebih lama lagi. Quentin menyuruh teman-teman nya pulang menggunakan mobilnya.

Pertemuan Terakhir Quentin Dengan Margo

Ketika Quentin sedang menunggu Bis untuk pulang ke Orlando, dia melihat Margo lewat. Quentin mengejarnya dan mereka berpelukan. Quentin mengungkapkan kalau dia menyukainya dari kecil. Mereka pergi ke sebuah cafe untuk ngobrol dari hati ke hati. Margo menceritakan alasan kenapa dia pergi dari rumah.
Quentin dan Margo berpelukan
Quentin dan Margo berciuman ketika Quentin akan naik bis. Pada akhirnya mereka mengejar mimpi dan pilihan masing-masing dalam menjalani hidup.

Soundtrack

Salah satu film yang soundtrack nya bener-bener the best. Coba dengerin To The Top nya Twin Shadow. Trust me, kamu bakalan sedikit emosional mengenang dan merasakan kembali momen-momen terbaik yang terjadi di film. Dan kamu akan sedikit teringat dengan masa-masa indah kamu di sekolah dulu. 😅

Quotes

Sebenarnya masih banyak, saya hanya pilih beberapa di antaranya.
She loved mysteries so much, that she became one.
Quentin Jacobsen
You have to get lost before you find yourself.
Margo Roth Spiegelman

Kesan

Di akhir film ada narasi Quentin yang bercerita tentang perpisahan dan masa depan dengan teman-temannya. Kemudian Quentin menceritakan Margo dan bercerita seolah-olah dia sudah tidak peduli lagi dengan Margo. Agak sedih juga sih but hey, namanya juga film drama misteri romantis. Everything is possible.

Postscript

Jadi inget waktu sekolah. Saya ngerasain gimana kikuk dan berdebar nya ngobrol sama cewe terkenal di sekolah. 😂

Cast & Crew

Director: Jake Schreier
Stars: Nat Wolff, Cara Delevingne, Austin Abrams, Justice Smith, Halston Sage
Click to Expand